Tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang berorientasi pada SMART goals:

Tujuan Jangka Pendek:

  1. Spesifik: Menyelesaikan kursus online tentang pengembangan web dalam waktu tiga bulan.
  2. Terukur: Setiap minggu, saya akan menyelesaikan satu bab kursus dan mengikuti ujian kecil yang disediakan sebagai bagian dari kursus tersebut.
  3. Dapat Dicapai: Dengan mengalokasikan waktu minimal 7 jam seminggu untuk belajar, saya yakin dapat menyelesaikan kursus dalam tiga bulan.
  4. Realistis: Berdasarkan pengalaman sebelumnya dalam mempelajari materi serupa dan dengan konsistensi waktu belajar yang dijadwalkan, target ini terasa realistis.
  5. Terikat dengan Waktu: Kursus harus selesai dalam waktu tiga bulan sejak tanggal mulai.

Tujuan Jangka Panjang:

  1. Spesifik: Membangun portofolio dengan tiga proyek web yang berfungsi penuh dalam waktu satu tahun.
  2. Terukur: Setiap proyek harus memiliki fitur-fitur tertentu yang dijelaskan sebelumnya, dan akan diukur dengan tingkat keberhasilan pengguna, waktu rata-rata yang dihabiskan di situs, dan umpan balik pengguna.
  3. Dapat Dicapai: Dengan mengalokasikan waktu 10 jam seminggu untuk membangun proyek, saya yakin dapat menyelesaikan tiga proyek dalam satu tahun.
  4. Realistis: Dengan pengetahuan dan keterampilan yang akan saya peroleh dari kursus dan latihan, serta dengan pengalaman yang terus bertambah dari setiap proyek yang diselesaikan, tujuan ini terasa dapat dicapai.
  5. Terikat dengan Waktu: Tiga proyek harus selesai dalam waktu satu tahun sejak awal pembangunan proyek pertama.

Dengan merumuskan tujuan-tujuan ini secara SMART, saya dapat memastikan bahwa saya memiliki panduan yang jelas untuk mencapai kemajuan dalam karier.